Arthur Meet The Pediatric Nutrition

Setelah disarankan dr rinawati untuk menemui dsa subspesialis gizi, sewaktu bertemu dengan beliau di metro tv lalu.

baca: Mama Arthur dalam acara Selamat Pagi Indonesia @MetroTV , selasa 12 september 2017

Arthur akhirnya konsultasi dengan dr Rina Triasih terlebih dulu di hermina Jogja, karena beliau informatif dalam memberikan penjelasan kepada orang tua anak. Dan beliau adalah salah satu dokter anak langganan Arthur di Jogja.

 baca : Arthur ADB (Anemia Defisiensi Besi)

Setelah bertemu dengan dr Rina, beliaupun menyarankan bertemu dengan dsa subspesialis gizi, yaitu dokter Neti. Untuk konsultasi lebih jelas mengenai asupan makanan Arthur, karena berat badan Arthur tidak sesuai dengan usianya dan sudah stuck sekitar 5 bulanan. Dokter Neti, biasanya praktek di Sardjito tetapi setiap sore beliau praktek di RSIA bhakti ibu. Tempat lahiran Arthur dulu.

Sore itu pun kami ke RSIA bhakti ibu untuk bertemu dengan dr Neti. Seperti biasa, saat memasuki ruang periksa Arthur ngerasa kalo mau diapa-apain. Pas mau ditimbang pun dia udah nangis kejer duluan. Apalagi pas diukur panjang badan dan lingkar kepalanya. Dia nggak mau dipegang orang, Dikiranya mau diapa-apain. Nangis kejer dan ngamuk , sampai sesenggukan. Aku pun juga sudah menyampaikan ke dr Neti kalau Arthur ROP stage 5. Sehingga harap dimaklumi, karena ada gangguan di penglihatannya. Aku juga menceritakan riwayat Arthur karena ini pertemuan pertama dengan dr Neti.

Setelah dilakukan anamnesis, bagaimana pola makan, asupan makanan, dan dilihat grafik KMS arthur. Akhirnya dr Neti menyarankan agar Arthur diberikan tambahan asupan lain. Karena dalam 1 hari Arthur harus mendapat asupan 1000kalori untuk mengejar ketertinggalan berat badannya. Sementara itu tidak cukup didapatkan dari makanan dan cemilan dia sehari-hari. Makanan dan cemilan mungkin hanya sekitar 700kalori. Sedangkan kekurangan 300kalori diberikan tambahan makanan cair yang berbentuk susu. Arthur kemudian di resepkan nutrinidrink. Yang diminum sehari 3x , 100cc sekali minum.

Dan akan di review sebulan kemudian, apakah berat badannya bertambah atau tidak. Karena sudah 5 bulan stuck, dan BB Arthur setara dengan anak usia 12 bulanan. BB arthur sekitar 8.6-8.7 kg di usia 20bulan (koreksi 18bulan). Yang seharusnya di usia tersebut bb Arthur sudah hampir 10kg. Yang dikatakan dr Neti, sebenarnya hampir sama seperti yang disampaikan dr Rinawati.

Nutrinidrink untuk anak usia diatas 1 tahun. Nutrinidrink ini bukanlah susu formula. Tetapi, makanan cair yang berkalori tinggi. Biasanya juga diberikan kepada anak yang memiliki gangguan pertumbuhan, kekurangan gizi, gangguan pola makan, maupun gangguan oromotor. Nutrinidrink ada yang berbentuk powder, dan juga ada yang cair langsung minum. Tapi yang cair harganya lebih mahal, 1 botol 200ml harganya sekitar 25.000, namun varian rasanya lebih lengkap ada vanilla, strawberry, banana, coklat. Tapi yang sering ditemui di Indonesia cuma 3 rasa, vanilla, strawberry dan coklat. Kalau yang powder 1 kaleng 400gr, cuma ada rasa vanilla aja. Harganya kisaran 140.000-170.000. Kalau beli di online bisa lebih murah daripada beli di apotek. Hehehee… (Mamak irit).

nutrinidrink powder

nutrinidrink powder 400gr rasa Vanilla

nutrinidrink cair

nutrinidrink cair 200ml

Mamak bisa tongpes kalau sehari-hari Arthur minum yang cair. Lagian, nutrinidrink yang cair diusahakan harus segera dihabiskan setelah dibuka. Kalau di kemasannya sih tulisannya bisa tahan 24 jam setelah dibuka, dengan disimpan di kulkas. Tapi kata dr Neti, usahakan segera habis setelah dibuka dan hanya tahan sekitar 8 jam jika disimpan di kulkas. Mungkin untuk sesekali aja lah kalau pas diajak pergi, sangu nutrinidrink yang cair. Daripada repot bawa gelas, termos, susu powder, sendok, dan perlengkapan lainnya. Hadeh… Aku ogah repot bawa begituan kalau pergi – pergi, malah kebanyaan bawaan kan ribet. Karena udah kebiasaan tinggal buka nenen aja kalau Arthur mau nyusu.

Sebenernya, aku agak galau juga awalnya. Karena Arthur masih ASI. Dan tinggal 4 bulan lagi menuju penyapihan. Pengennya kan full ASI sampai 2 tahun. Tapi aku diomelin dr Neti, di usia Arthur sekarang ini ASI aja tidak cukup dilihat dari pertumbuhannya. Kalau anaknya pertumbuhannya terganggu bagaimana? Mosok ya didiemin doang, meskipun ASI ku masih keluar. Akhirnya pikiranku pun terbuka. ASI memang yang terbaik, dan aku memang keras kepala dalam memberikan ASI kepada Arthur. Tapi kalau ternyata anaknya asupannya kurang, bahkan dari yang dia makan pun masih kurang sehingga butuh asupan tambahan yang lain, mau bagaimana lagi? Semua demi kebaikan anak, asalkan ada alasan yang jelas dan rasional. Lagian pemberian asupan tambahan ini adalah makanan cair, bukan pengganti makanan padat maupun pengganti ASI.

Awalnya, Arthur belum mau minum nutrinidrink ini. Pake sedotan pun dia cuma mau sedikit. Untung awal-awal aku cuma bikinin 50cc aja jadi nggak kebuang banyak. Kan sayang, harganya lumayan soalnya.

Oiya, Arthur terakhir ngedot umur 3-4 bulan. Setelah aku resign, seringnya nenen langsung jadinya dia udah bye bye sama dot. Udah lupa cara ngedot. Di umur nya sekarang, kan sayang kalo misal diajarin ngedot lagi. Wong anaknya dah bisa minum langsung pakai gelas, pakai sedotan juga udah bisa. Malah kadang minta nyucup langsung dari botol. Ngapain juga diajarin minum dot lagi?

Setelah sekitar 2-3 hari membiasakan Arthur minum nutrinidrink, akhirnya ketemu juga caranya. Arthur maunya disendokin. Mungkin dia teringat jaman dahulu kala, waktu masih bayi dikasih ASIP + HMF. Waktu itu Arthur belum diajarin pakai dot, dan dokter serta perawat di Rumah Sakit ngajarinnya pakai sendok.

Akhirnya Arthur mau minum nutrinidrink 100cc sehari 3x dan habis. Alhamdulillah.. Tapi mama nya nyuapin susu sambil cerewet cerita ini itu. Biasanya dia ngabsen siapa aja yang minum susu “adit, upin, ipin, kakak, dedek”

“iyaa adit mimik susu, upin mimik susu, ipin mimik susu, kak ros mimik susu, dll”

Sambil cerita begitu, biasanya langsung cepet habis minum susunya. Dan sekaleng nutrinidrink powder habis dalam 1 minggu saja. Hikss… Alhamdulillah nya sejak Arthur bayi sampai sekarang, Arthur anak ASI. Jadi pengeluaran susu tidak kami rasakan. Bisa dialihkan untuk yang lain. Cuma baru kerasa sekarang ini setelah diberikan nutrinidrink oleh dokter, sekaleng buat seminggu dan harganya pun lumayan. Tinggal kita lihat lagi bagaimana bulan depan setelah direview. Semoga aja ada hasilnya. Walaupun lumayan juga menambah pengeluaran bulanan buat beli nutrinidrink ini. Semoga berat badan Arthur segera stabil sesuai usianya.

Oiya, jangan sekali-kali memberikan nutrinidrink ke anak tanpa rekomendasi atau resep dari dokter anak, khususnya dsa subspesialis gizi. Karena pemberian nutrinidrink harus berdasarkan kondisi medis tertentu.

Karena masih banyak yang ditemui pemikiran masyarakat awam, susu semacam ini (kayak merk pe*iasure juga) dianggap sebagai “susu formula mahal yang bisa buat boost berat badan anak”. Itu SALAH.

Nutrinidrink sebetulnya bukan susu formula. Tetapi makanan cair yang berbentuk susu dan berbahan dasar susu sapi yang bergizi dan bebas laktosa. Kandungan nya pun berbeda dengan susu formula. Kalori nya kebih tinggi dan kandungan nutrisinya pun sudah diperhitungkan karena merupakan “makanan cair”  yang biasanya dibutuhkan oleh anak yang malnutrisi. Kandungannya antara lain :

  • Energi (1,5 kkal/ml) untuk membantu memberi pemenuhan energi, yang diakibatkanoleh kondisi tertentu tidak dapat dipenuhi dai makanan padat.
  • Karbohidrat, lemak, protein, 12 vitamin, 10 mineral untuk membantu pertumbuhan anak.
  • Asam linoleat dan asam alpha linoleat sebagai asam lemak esensial.

Meskipun makanan cair, susu ini tidak bisa disebut sebagai pengganti makanan padat. Karena anak tetap harus makan makanan padat. Dan tidak boleh merubah kebiasaan anak untuk mengganti makanan padat dengan makanan cair ini. Karena takutnya nanti anak akan lebih suka minum makanan cair daripada makanan padat.

Penggunaan nutrinidrink pun harus dibawah pengawasan dokter ahli gizi atau praktisi medis. Di kaleng belakang sudah tercantum tulisan seperti itu. Sehingga sudah cukup jelas bahwa pemberian nutrinidrink pada anak tidak boleh sembarangan.

Karena takutnya, akan ada yang memberikan nutrinidrink kepada anak nya setalah membaca postingan blog ku ini. Padahal pemberian nutrinidink harus berada di bawah pengawasan dokter gizi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *