Bantu Syahnaz Melihat

img-20171224-wa00081377645135.jpg

Hallo, ini syahnaz temennya Arthur.

Syahnaz putri kedua dari ibu wahyu ninink. Kami bertemu di komunitas baby community.

Berbeda dengan Arthur yang ROP stage 5, kalau syahnaz ini terlahir dengan Rubella Conginetal yang menyebabkan kedua mata nya mengalami sakatrik kornea (kornea berselaput/keruh).

Dan mata syahnaz masih bisa dilakukan koreksi untuk penglihatannya. Syahnaz bisa di operasi dengan donor kornea, karena kerusakannya hanya pada kornea saja. Kalau Arthur kan kerusakan terjadi pada retina nya, yang memang sulit sekali untuk dilakukan tindakan koreksi. (Yang bingung, ayo buka lagi buku biologi jaman sekolah dulu, untuk mengetahui perbedaan letak, bentuk serta fungsi antara kornea dan retina, hehehehe)

Dulu saat Arthur kontrol mata tahunan dengan dr Florence di JEC, dr flo menjelaskan menganai pencangkokan atau donor mata. Beliau menjelaskan kalau yang terjadi pada Arthur susah dilakukan koreksi karena kerusakan terjadi pada retina yang berada di mata bagian dalam. Berbeda dengan sakatrik kornea atau kornea keruh, yang bisa di operasi dengan melakukan pencangkokan kornea. Dan saat itu dr flo menceritakan tentang syahnaz.

Baca : Arthur Meet The Pediatric Opthalmologist @ Jakarta Eye Centre

 

Sepertinya dr flo saat itu menjelaskan agar aku paham, bahawa operasi pencangkokan mata pun tidak akan berhasil pada kondisi ROP stage 5. Nanti aku akan tulis di postingan tersendiri aja ya tentang masalah operasi mata ini, karena aku sering kali mendapatka pertanyaan “terus arthur nggak dioperasi” “nggak cari donor mata?” “nggak disembuhin?” dsb dsb nya…

Syahnaz sudah melewati operasi transplantasi kornea pertamanya, di mata kirinya. Dan rencananya akan melakukan operasi transplantasi kornea di mata kanannya. PR syahnaz juga masih banyak. Syahnaz masih harus mengejar tumbuh kembangnya. Selain itu, Pra dan pasca operasi masih banyak yang harus dilakukan. Aku salut banget dengan perjuangan dan juga semangat bu wahyu (mama asyahnaz).

Semoga operasi syahnaz berjalan lancar dan berhasil. Agar syahnaz dapat melihat indahnya dunia.  Amin,

Yuk kita bantu Syahnaz untuk bisa melihat indahnya dunia. Untuk teman-teman yang ingin membantu syahnaz bisa donasi lewat link berikut :

 https://m.kitabisa.com/bantusyahnaz

Semoga Amal teman – teman dilipat ganadakan oleh Allah SWT. Amin…

Terima kasih šŸ™

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *