Review Buku : Kamus 505 Mitos dan Fakta Seputar Menyusui dan Melahirkan

Judul : Kamus 505 Mitos dan Fakta Seputar Menyusui dan Melahirkan
Penulis : Nadya Mulya
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-0240-9
Tebal : 271 halaman

Kehidupan bermasyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari yang namanya mitos. Sebetulnya mitos adalah pengaruh dari kebudayaan atau pun adat istiadat yang ada di masyarakat. 

Apalagi ketika hamil dan menyusui, seorang ibu pasti dihadapkan dengan berbagai macam mitos yang entah benar tidaknya. Bahkan beberapa mitos ada yang berbahaya jika dipikir secara logika. Sehingga seorang ibu harus pintar-pintar dalam menyaring informasi untuk mendampingi buah hatinya. 

Aku sendiri, membeli buku ini karena sejak hamil dan melahirkan, aku sering dihadapkan oleh mitos-mitos orang tua yang menurutku aneh secara logika. Sehingga aku penasaran bagaimana tentang kebenarannya. Beruntunglah aku ketemu buku ini saat di gramedia sale.
Di dalam buku ini diulas mengenai berbagai macam mitos seputar kehamilan dan menyusui. Terdapat penjelasan secara logis apakah hal tersebut hanya mitos atau memang faktanya seperti itu. 

Judulnya “kamus”, sehingga untuk mencari tau tentang tema atau mitos tertentu kita tinggal mencari sesuai abjadnya.

Misalnya saja kita pernah mendengar mitos tentang bayi dan balita diberikan sesendok kopi hitam agar tidak kejang saat demam tinggi. Kita tinggal mencari tentang “Kopi” , dan  disana disebutkan bahwa itu adalah MITOS. Serta dijelaskan bahwa bayi dibawah 6 bulan cukup hanya diberikan ASI saja. 

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membuat detak jantung lebih kencang dan cepat. Mitos ini bermuara dari penalaran bahwa jika anak dibiasakan dalam kondisi tubuh stres (berdebar) maka saat mengalami demam tinggi tubuhnya tidak akan “kaget”. Jika demam tinggi, sebaiknya cukup mengompres dengan air hangat, memberikan obat penurun panas dan segera bawa ke dokter jika demam masih berlanjut 3 hari.

Dan masih banyak mitos maupun fakta lainnya, seperti mitos mengenai larangan maupun anjuran memakan makanan tertentu bagi ibu hamil dan menyusui, serta dijelaskan mengenai sebab akibatnya secara logis.

Buku ini sangat membantu para ibu hamil dan menyusui untuk membuka pikiran agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai macam mitos yang beredar di masyarakat. Meskipun menurutku masih ada beberapa mitos yang aku temui, belum dituliskan disini.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *