Salah Satu Buku Dongeng Yang Recomended Untuk ABK

Judul Buku : Coka Ingin Jadi Beruang dan cerita-cerita lainnya

Penulis : Irene Tjiunata

Jumlah Halaman : 124 halaman

Kategori : Anak-anak / cerita

Penerbit : BIP (Bhuana Ilmu Populer) – Kelompok Gramedia

 COKA_INGIN_JADI_BERUANG___IRENE_TJIUNATA_

Dongeng didalam buku ini menggunakan 2 bahasa (bilingual), yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris. Sehingga anak bisa belajar kosakata bahasa inggris dan juga belajar speaking dengan membaca cerita didalamnya. Gambar didalamnya pun menarik dan berwarna warni. Di setiap akhir cerita juga terdapat game sederhana, agar anak tidak bosan dengan buku. Serta memberikan stimulasi pada anak untuk berpikir dan mengingat tentang cerita yang baru saja dibacanya.

Buku ini terdiri dari 5 dongeng yang berbedai. Antara lain :

1. Mimi sangat dicintai

Bercerita tentang seekor kucing biasa yang merasa iri dengan kucing milik seorang artis yang selalu dirawat, memiliki baju serta tempat tidur yang bagus. Namun ternyata kucing milik artis tersebut seringkali kesepian dan tidak disayang oleh majikannya.

Dalam cerita ini, mengajarkan pada anak bahwa kita harus selalu bersyukur dengan apa yang telah kita miliki selama ini. Karena kemewahan bukanlah segalanya dan apa yang orang lain miliki belum tentu baik untuk kita.

2. Hadiah istimewa Lota

Lota adalah seekor kijang kecil, tinggal dengan keluarganya yang sederhana. Saat itu Lota ingin memberikan hadiah kepada sang pangeran. Karena hewan lain datang berbondong-bondong memberikan berbagai macam hadiah yang cukup bagus dan mewah. Dengan kesederhanannya Lota pun akhirnya membuat sendiri kado untuk sang pangeran, berupa sebuah boneka singa kecil yang mirip seperti pangeran. Hewan lain menertawakannya saat Lota akan memberikan hadiah itu kepada pangeran, mereka meremehkan hadiah Lota namun Lota tidak peduli. Setelah hadiah tersebut diberikan kepada pangeran, ternyata sangat bermanfaat dan pangeran punsangat menyukainya.

Cerita ini mengajarakan bahwa, segala sesuatu tidaklah harus terlihat mewah. Tapi kita bisa melakukan hal yang kreatif. Di cerita ini juga mengajarkan untuk tidak peduli terhadap cemooh orang lain yang biasanya meremehkan kualitas diri.

3. Rumah baru Riri

Bercerita tentang Riri seekor umang-umang (keong) yang merasa bosan dengan rumahnya. sehingga dia meninggalkan rumahnya dan mencari rumah yang baru. Tapi beberapa kali mendapatkan rumah yang baru dia merasa tidak cocok. sampai pada akhirnya dia menemukan rumah yang paling nyaman yang ternyata adalah rumahnya yang lama.

Cerita ini mengajarkan anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah dimiliki karena merupakan pemberian dari Tuhan yang terbaik.

4. Quincy kuda yang paling kecil

Menceritakan seekor kuda yang merasa tidak percaya diri karena fisiknya yang kecil. Dia merasa berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain. Dia merasa tidak berguna, tidak seperti orang tua dan saudaranya yang menjadi kuda balap dan kuda yang membantu di perkebunan. Namun suatu hari raja datang, dan putri raja yang masih kecil juga  ingin memiliki seekor kuda. Dipilihlah Quincy si kuda kecil tersebut.

Cerita ini mengajarkan agar kita selalu bangga terhadap diri sendiri meskipun kita memiliki kekurangan. Karena dibalik setiap kekurangan pasti Tuhan memberikan kelebihan. Sehingga kita harus selalu bersyukur dan percaya diri.

5. Coka ingin jadi beruang

Bercerita tentang serkor kelinci yang merasa minder karena selalu dianggap lucu dan ditertawakan oleh hewan yang lain. Dia ingin menjadi seekor beruang yang ditakuti oleh siapapun. Namun ternyata si beruang seringkali merasa sedih karena dia ditakuti oleh hewan lain sehingga tidak memiliki teman. Akhirnya, kelinci itupun membatalkan keinginannya untuk menjadi seekor beruang.

Cerita ini mengajarkan agar anak-anak selalu percaya diri meskipun ada yang meremehkan. Karena setiap individu itu unik, sehingga kita harus menerima diri kita apa adanya.

Menurutku, dongeng didalamnya sangat recomended untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) agar mereka selalu bersyukur dalam kondisi apapun, termasuk bersyukur dengan kekurangan yang dimilikinya. Karena setiap individu itu unik dan istimewa, sehingga beberapa cerita di dalam buku ini memiliki pesan untuk selalu bersyukur, percaya diri, dan bangga pada diri sendiri. Semoga dongeng yang ada di buku ini dapat membantu ABK untuk dapat menerima dirinya apa adanya. Dengan segala kekurangan, kelebihan serta keunikannya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *